Perusahaan Jasa Ahli Sumur Bor Artesis Resapan Hisap Banjir Biopori Submersible Water Treatment Untuk Pabrik Hotel Rumah Apartemen Biaya Murah.

air bersih

Metode Kerja Pemboran Air Tanah


Metode Kerja Pemboran Air Tanah

mesin sumur bor

Pelaksanaan Pemboran
a.      Sistem kerja
Pemboran dilakukan dengan sistem bor putar ( rotary drilling ) yang menggunakan tenaga mesin. Tenaga mesin sumur bor di dapat dari gerak putar hosrisontal mesin diesel yang dimodifikasi untuk menghasilkan tenaga putar tegak lurus yang akan menjalankan stang bor dan mata bor.
b.      Casing Bor & Fluida Pembilas
Pengeboran dilakukan secara langsung tanpa menggunakan casing ( Open Hole Drilling ). Selama pelaksanakan pengeboran, unit bor akan menyediakan larutan bor/ larutan pembilasan untuk membersihkan lubang bor dari kotoran / sisa cutting.
c.       Bak Sirkulasi
Untuk menampung fluida pembilas yang akan digunakan dalam proses pengeboran, maka akan dibuat satu unit bak sirkulasi ukuran p.200 cm x L.100 cm x T.100 cm. Berupa galian ke dalam tanah yang dilapis dengan adukan semen untuk mengurangi porositas / kebocoran bak.
Sebelum memulai penggalian bak, akan dilakukan pengecekan terhadap gambar lokasi terhadap kemungkinan adanya kabel pipa utulitas yang tertanam pada lokasi bak sirkulasi. Apabila ada indikasi jalur pipa atau kabel maka akan diadakan pemindahan lokasi galian bak sirkulasi atas persetujuan bersama.
Apabila gambar detail untuk tujuan tersebut tidak tersedia, maka pembuatan bak akan dimulai dengan galian kecil sekeliling bak untuk mengurangi resiko rusaknya kabel atau pipa yang tertanam.
d.      Protective Casing
Protective casing atau pipa conductor ukuran 14’’ atau drum ukuran 16’ akan dipasang sampai dengan kedalaman 6 meter ( atau lebih apabila diperlukan ) untuk melindungi lubang bor dari longsornya tanah urugan atau tanah penutup di atas.
e.       Bor Hole
Pelaksanaan pembuatan lubang bor dengan pekerjaan pilot hole sampai dengan kedalaman sumur yang diinginkan. Setelah pekerjaan pilot selesai, maka dilanjutkan dengan pembuatan reaming hole, yaitu perbesaran lubang sepanjang kedalaman pipa jambang sumur. 

Untuk kesempurnaan penyelesaian sumur, lubang bor harus lebih besar dari rencana ukuran casing yang akan dipasang. 

Casing Size
Bor Hole
   dia.8”
>12 inch
dia.6”
>10 inch
dia.4”
> 8 inch
dia.3”
>6 inch
 
0 Komentar untuk "Metode Kerja Pemboran Air Tanah"

Terima kasih telah berkomentar, kami segera reply pesan anda !

Artikel Terpopuler

Back To Top