Perusahaan Jasa Ahli Sumur Bor Artesis Resapan Hisap Banjir Biopori Submersible Water Treatment Untuk Pabrik Hotel Rumah Apartemen Biaya Murah.

air bersih

Cara Membuat Sumur Gali

Membuat Sumur Gali

jasa sumur bor

Membuat sumur gali merupakan salah satu cara untuk memperoleh sumber air. Proses pembuatan sumur gali berbeda dengan sumur bor. Perbedaan tersebut terletak pada pelaksanaan dan penyelesaian pekerjaannya. Namun pada hakikatnya, tujuan pembuatan serta proses awal serta persiapannya sama.
Masalah penyediaan air bersih menjadi salah satu prioritas dalam perbaikan derajat kesehatan masyarakat. Tak dapat disangkal bahwa keberadaan air bersih sangat vital bagi makhluk hidup. Air merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Seiring dengan meningkatknya kepadatan penduduk dan pesatnya pembangunan, kebutuhan air bersih masyarakat hendaknya memenuhi persayaratan di antaranya secara biologis, fisik, kimia, dan radioaktif.

Sumber air sumur gali

Pada prinsipnya, jumlah air tetap dan mengikuti satu aliran siklus hidrologi. Sekali pun jumlah air relatif konstan, tetapi air tidak diam dan bersirkulasi akibat cuaca sehingga terjadilah siklus hidrologi. Berdasarkan siklus ini, air dapat diklasifikasikan menjadi air hujan, air permukaan, air tanah, dan mata air.
Air hujan merupakan penyubliman awan atau uap dari air murni yang saat turun dan melalui udara akan melarutkan benda-benda yang terdapat di udara. Sementara yang termasuk dalam kelompok air permukaan adalah air yang berasal dari sungai, selokan, rawa, parit, bendungan, dan danau.

Air tanah merupakan air yang berada di permukaan tanah pada daerah resapan yang terbagi menjadi tanah dangkal dan dalam. Air tanah dangkal terjadi karena adanya daya proses resapan air permukaan tanah yang terdapat pada kedalaman kurang lebih 15 meter. Sementara air tanah dalam berada setelah lapisan air rapat yang pertama.
Pengambilan air tanah dalam tidak semudah air tanah dangkal. Hal ini disebabkan adanya pengeboran dengan memasukan pipa hingga 100-300 meter. Jika tekanan air tanah besar, air dapat menyembur keluar. Sementara itu, mata air adalah air tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah. Berbagai upaya dilakukan manusia untuk mendapatakan air bersih. Beberapa daerah yang memiliki mata air bisa mengalirkan mata air sampai ke rumahnya masing-masing. Daerah yang air tanahnya dangkal bisa dibuat sumur gali, sedangkan daerah yang tidak memiliki potensi air tanah dan mata air bisa mengalirkan air dari daerah lain. Jika tidak memungkinkan, air bersih juga bisa diperoleh dari air hujan.
Salah satu jenis sumber air bersih yang banyak tersebar hampir di seluruh penjuru dunia adalah jenis sumur gali. Pembuatannya relatif sederhana, yaitu dengan menggali tanah secara vertikal sampai kedalaman tertentu hingga menemukan mata air. Kedalaman sumur gali berbeda-beda. Hal ini terjadi karena keberadaan air dalam tanah yang tidak sama di setiap daerah. Bentuk sumur gali pada umumnya berbentuk bundar dengan garis tengah sekitar 80—100 cm. Agar sumur gali memenuhi syarat air bersih maka terdapat pertimbangan yang perlu diperhatikan pada saat hendak membuat sumur gali.
Pertimbangan membuat sumur gali.
Berikut beberapa pertimbangan dalam pembuatan sumur gali.
  1. Lakukan survei sederhana dengan bertanya kepada tetangga tipe sumur apa yang mereka miliki.
  2. Tentukan titik penggalian sumur atau serahkan pada ahlinya.
  3. Gunakan tenaga ahli sumur untuk mengerjakannya.
  4. Lakukan pekerjaan finishing dengan  baik, yaitu memasang cincin sumur, pompa air, atau penutup sumur.
Penentuan lokasi sumur gali
Menurut Ditjen PPM dan PLP tahun 1995, kualitas sumur gali yang memenuhi syarat kesehatan bagi penyedia air bersih adalah  lokasi pembuatan sumur. Menurut Permenkes No.416/ MENKES/PER/IX/1990, kualitas air bersih setidaknya memenuhi standar di mana air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak.
Pembuatan sumur gali cukup mudah dan sederhana. Sebagai contoh, jika memiliki rumah kapling berukuran 10 x 20 meter, titik pembuatan sumur gali setidaknya di depan atau di belakang rumah.
Lokasi sumur gali sebaiknya jauh dari sumber pencemaran, misalnya genangan air kotor, selokan, sungai, septic tank, atau tempat  pembuangan sampah. Pebuatan dilakukan pada tanah keras berjarak 10 meter dari sumber pencemaran tersebut. Pada lantai sumur kedap air, dasar sumur biasanya diplester dengan semen, keramik, atau tegel. Dengan begitu, tidak ada retakan di lantai sumur yang dapat mengakibatkan air kembali meresap ke dalam sumur.
Perawatan sumur gali
Setelah sumur gali mengeluarkan air seperti yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah membangun bibir sumur dengan tembok atau pembatas lainnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada binatang atau anak kecil yang terperosok ke dalamnya. Untuk sumur yang masih memakai timba, sebaiknya ember tidak diletakkan di atas lantai sumur, tetapi digantung agar tidak terjadi pencemaran dari lantai sumur. Selain itu, lengkapi dengan penutup yang dapat dibuka bila sumur hendak digunakan. Air bekas (air kotor) disalurkan melalui saluran kedap air untuk dibuang ke sarana pembuangan air limbah (SPAL).
Nah, itulah gambaran Membuat Sumur Gali. Bagi Anda yang ingin membuat sumur bor di daerah perkotaan atau daerah lainnya, hubungi segera bor-indonesia. (Jng/RA)

Jasa Sumur Bor Indonesia
Office : 021-79182404
Office : 0828-170-52679
Mobile : 0856-767-3404
Fax : 021-79182408
1 Komentar untuk "Cara Membuat Sumur Gali"

Terima kasih telah berkomentar, kami segera reply pesan anda !

Artikel Terpopuler

Back To Top