Perusahaan Jasa Ahli Sumur Bor Artesis Resapan Hisap Banjir Biopori Submersible Water Treatment Untuk Pabrik Hotel Rumah Apartemen Biaya Murah.

air bersih

Manfaat Pembuatan Sumur Bor Artesis


Manfaat Pembuatan Sumur Bor Artesis

Manusia hidup tidak terlepas dari air, karena tubuh manusia sebagian besar mengandung unsur air. Dan juga segala kebutuhan sehari-hari manusia hampir keseluruhannya ditunjang oleh air; memasak, mencuci, meminum, dan sebagainya.

jasa pengeboran sumur bor artesis


Karena termasuk kebutuhan primer manusia, sehingga air yang dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh manusia harus benar-benar terjamin kebersihannya. Karena bila air yang dikonsumsi dan dimanfaatkan manusia kotor maka akan berdampak pada kesehatan yang tidak fit, dan juga benda-benda yang dibersihkan dengan menggunakan air kotor maka akan mudah rusak.

jasa sumur bor


Berdasarkan hal tersebut, maka demi menjaga kesehatan manusia, Departemen Kesehatan memberi kriteria persyaratan khusus mengenai kualitas air baik secara fisik, kimia, dan juga mikrobiologi.

Syarat fisik antara lain air harus bersih dan tidak keruh, tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, suhu tidak berbeda lebih dari 30C dari suhu udara dan tidak meninggalkan endapan.

Syarat kimiawi antara lain tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan, cukup yodium, dan pH air antara 6,5-8,5.

Syarat mikrobiologi antara lain tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, typus, kolera, dan bakteri patogen penyabab penyakit.

Tentu, syarat-syarat tersebut berdasarkan kajian yang matang. Oleh karenanya, bagi kita sebagai manusia yang menggantungkan hidupnya pada air, harus benar-benar dapat memperoleh sumber air dengan kualitas sesuai persyaratan tersebut di atas.

Banyak cara dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh air bersih, ada yang dengan cara berlangganan di PDAM/PAM, dan ada pula yang dengan cara menggunakan filter sebagai penyaring air agar tidak bau dan berwarna kuning.

Namun, dua cara tersebut di atas setidaknya harus mengeluarkan ongkos rutin setiap bulan sebagai biaya langganan atau perawatan. Sebenarnya ada cara yang lebih efektif dan tidak perlu harus mengeluarkan biaya rutin yang hanya menambah beban bulanan saja, yaitu pembuatan sumur bor.



Dengan menggunakan jasa pembuatan sumur bor, kita hanya mengeluarkan biaya di awal pembuatan saja. Selanjutnya tidak ada istilah uang langganan atau uang perawatan. Pembuatan sumur bor dengan kedalaman tertentu kita akan dapat menemukan sumber air bersih yang sesuai dengan ketentuan Depkes RI.

Untuk wilayah pedesaan dan bukan daerah pesisir pantai mungkin tidaklah terlalu sulit memperoleh sumber air yang bersih. Namun bagi yang berdomisili di wilayah perkotaan dan pesisir pantai ada ketentuan khusus dalam pembuatan sumur bor, harus mempertimbangkan kedalaman sumur untuk memperoleh sumber air bersih.

Wilayah Perkotaan

Dalam kaitannya dengan pemerolehan air bersih, wilayah perkotaan biasanya menghadapi problem kondisi air yang berwarna kuning, bau besi atau bau karat serta mengandung zat besi (Fe) yang kadarnya diambang batas diperbolehkan oleh PDAM/PAM.

Tentu, air yang semacam ini tidak masuk kategori air bersih yang telah ditentukan oleh Depkes RI. Karena air yang mengandung zat besi terlalu kuat tidak menyehatkan dan dapat merusak kulit bila digunakan untuk mandi, merusak baju bila digunakan untuk mencuci, lantai akan rusak bila digunakan untuk mengepel, bahkan bisa merusak mobil bila digunakan untuk mencuci mobil.

Kondisi semacam ini tidak kita harapkan. Harapan kita semua adalah dapat memperoleh sumber air yang bersih, yang aman ketika di konsumsi dan dimanfaatkan untuk keperluan yang lain.

Solusi pemecahan hal tersebut adalah dengan cara pembuatan sumur bor. Karena dengan adanya sumur bor dapat mengatasi air kuning, dan air bau karena mengandung kadar zat besi yang tinggi.

Wilayah Pesisir Pantai

Bagi yang berdomisili di wilayah pesisir kebutuhan akan air tawar dan bersih adalah hal yang sangat utama. Karena kecenderungan wilayah pesisir airnya mengandung kadar asin sangat tinggi (bergaram).

Untuk memperoleh air tawar dan bersih untuk wilayah pesisir bisa dengan cara pembuatan sumur bor, namun harus dengan kedalaman tertentu, biasanya kedalamannya mencapai 200 meter lebih.

Dengan pembuatan sumur bor air kesulitan untuk memperoleh air bersih ini dapat dilakukan dengan baik, dan banyak hotel, resort yang dipinggir pantai memanfaatkan sumber air ini untuk aktifitas komersil mereka.

Lalu, apa saja macam produk dari sumur bor?

Jasa Pembuatan Sumur Bor Jetpump 25 s/d 60 meter

Diameter jambang pipa maksimum 4” dan pompa yang digunakan dapat menggunakan jetpump.



Jasa Pembuatan Sumur Bor Semi Artesis 40 s/d 100 meter

Diameter jambang pipa maksimum 5” dan dapat menggunakan pompa submersible 1-1,5 HP.


Diameter jambang pipa maksimum 6” dan dapat menggunakan pompa submersible 2-5 HP.

Bagaimana dengan harganya?

Standar Harga Khusus Pulau Jawa

Diameter
Harga Pengeboran
Diameter pipa 4”
Rp. 250.000,-/meter
Diameter pipa 5”
Rp. 325.000,-/meter
Diameter pipa 6”
Rp. 400.000,-/meter

Harga pengeboran belum termasuk :
  • Kebutuhan dasar seperti pompa, pipa, dan bahan material lainnya.
  • Pajak Ppn dan Pph Jasa.
  • Harga transportasi dan akomodasi tenaga ahli di lapangan.

Standar Harga Khusus di Luar Pulau Jawa

Diameter
Biaya Pengeboran
Diameter pipa 4”
Rp. 400.000,-/meter
Diameter pipa 5”
Rp. 550.000,-/meter
Diameter pipa 6”
Rp. 700.000,-/meter

Biaya pengeboran belum termasuk :

  •  Kebutuhan dasar seperti pompa, pipa, dan bahan material lainnya.
  • Pajak Ppn dan Pph Jasa.
  • Biaya transportasi dan akomodasi tenaga ahli di lapangan.

Harga untuk jasa-jasa yang lain, antara lain :

  • Harga Jasa Pemasangan/Penggantian Pompa Submersible 1 s/d 2 HP kedalaman maksimal 60 meter berkisar Rp. 1.500.000,-
  • Harga Jasa Pemasangan/Penggantian Pompa Submersible 3 s/d 5 HP kedalaman maksimal 100 meter berkisar Rp. 2.000.000,-
  • Biaya Jasa Pemasangan/Penggantian Pompa Submersible 5 HP lebih kedalaman maksimal 150 meter berkisar Rp. 3.000.000,-
  • Biaya Jasa Pemasangan/Service Pompa Jetpump 250 s/d 600 VA kedalaman maksimal 40 meter berkisar Rp. 750.000,- 
  • Biaya Jasa Service Ringan berkisar Rp. 250.000,-

Tentu saja menjadi impian kita bersama dapat memperoleh air bersih yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh Depkes RI. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik untuk memperoleh air bersih dan hendak mencari jasa pembuatan sumur bor, dapat menghubungi kami di alamat berikut :

PT. Cheria Alam Mandiri - Kontraktor, Sumur Bor & Water Treatment

Gedung Twink Lt. 3 Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telp.     : 021-7918 2404 (Hunting)
Mobile : 0828 1705 2679
Fax.      : 021-7918 2408
Email    : info@bor-indonesia.com
Web      : http://www.bor-indonesia.com
 



0 Komentar untuk "Manfaat Pembuatan Sumur Bor Artesis"

Terima kasih telah berkomentar, kami segera reply pesan anda !

Artikel Terpopuler

Back To Top