Perusahaan Jasa Ahli Sumur Bor Artesis Resapan Hisap Banjir Biopori Submersible Water Treatment Untuk Pabrik Hotel Rumah Apartemen Biaya Murah.

air bersih

Sumur Dalam

Sumur Dalam
sumur dalam


Sumur dalam adalah sumur yang dibuat sebagai sarana penyediaan air bersih berupa Sumur Air Tanah Dalam (SATD) yang dibuat dengan mengebor tanah pada kedalaman muka air minimal 7 meter dari permukaan tanah. Kedalaman dasar sumur dalam pada umumnya lebih dari 30 meter hingga diperoleh air sesuai dengan yang diharapkan.

Syarat pembuatan sumur dalam

Terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan dalam membuat sumur dalam, yaitu sebagai berikut.

Syarat umum sumur dalam
  • Sesuai dengan ketentuan mengenai spesifikasi sumur pompa tangan.
  • Peralatan dan perlengkapan harus memenuhi persayaratan yang berlaku.Jarak minimum, yaitu sekitar 10 meter lebih dalam dari sumber pengeboran bidang tangki septik, cubluk,  lubang galian untuk sampah. 
  • Tenaga pelaksana minimum dua orang dan berpengalaman.

Syarat teknik sumur dalam

  • Peralatan dan perlengkapan, dalam pengeboran menggunakan alat bar jetting.
  •  Bahan yang diperlukan.
  • Lantai sumur dan saluran pembuang.
  • kemiringan lantai 1-3 persen.
  • Lantai dari pasangan abata dengan campuran bahan semen, batu pasir, atau beton tumbuk dengan campuran bahan semen, pasir, dan kerikil.
  • Kemiringan saluran minimal.
  • Saluran pembuang dari pasangan bata dengan campuran semen dan pasir.
  • Diameter lubang sumur dalam disesuaikan dengan diameter pipa selubung.
  • Posisi lubang sumur dalam harus tegak lurus.
  • Kedalaman lubang sumur dalam maksimal 30 meter. 
Tahap pembuatan sumur dalam 

Dalam pembuatan sumur dalam terdapat beberapa tahap pengerjaan. Adapun tahap pengerjaannya sebagai berikut.

tahap persiapan sumur dalam
Tahap persiapan sumur dalam meliputi pekerjaan sebagai berikut.
Pekerjaan mobilisasi, yaitu sebelum pekerjaan lapangan dimulai, dilakukan dengan mendatangkan peralatan dan bahan-bahan pengeboran beserta pekerja ke lokasi pengeboran. Tahap mobilisasi dilakukan sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Tahap persiapan lokasi sumur dalam
Tahap persiapan lokasi sumur dalam meliputi:
  •   pembersihan, perataan, dan pengerasan lokasi untuk posisi tumpuan mesin bor;
  •   pembentukan bak lumpur, bak control, dan selokan untuk sirkulasi lumpur bor;
  •   penanaman casing pengaman pada lapisan formasi tanah yang mudah runtuh;
  •   penyetelan mesin bor beserta menara (rig); serta
  •  penyetelan pompa lumpur beserta selang-selangnya.

Tahap pengeboran awal sumur dalam

Sistem pengeboran bisa menggunakan sistem bor putar (rotary drilling) dan tekanan bawah (pull down pressure) yang dibarengi dengan sirkulasi lumpur bor (mud flash) ke dalam lubang bor. Pengeboran lubang (pilot hole) merupakan tahap pengeboran awal dengan diameter lubang kecil sampai kedalaman yang dikehendaki. Diameter pilot hole biasanya sekitar 4 - 8 inchi.

Tahap electrical loging sumur dalam

Electrical loging bertujuan untuk mengetahui letak kedalaman air. Tahap pekerjaan ini sebagai penentu kontruksi pada saringan. Electrical loging dilakukan dengan alat yang menggunakan konfigurasi titik tunggal arus elektroda yang dimasukan ke dalam lubang bor dan elektroda lain yang ditanam di permukaan. Arus dimasukan ke dalam lubang elektroda sehingga dapat menyebar ke dalam formasi di sekitar lubang bor. Sebagian arus kembali ke elektroda di permukaan dengan arus yang telah mengalami penurunan.

Tahap pembersihan bor sumur dalam (reaming hole)

Reaming adalah memperbesar lubang bor sesuai dengan diameter kontruksi pipa casing dan saringan yang direncanakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tahap raming yaitu sama seperti pada tahap pengerjaan pilot hole. Hanya saja, pekerjaan reaming cutting (formasi lapisan tanah) tidak perlu dilakukan lagi. Idealnya, selisih diameter lubang bor dengan pipa casing adalah 6 inchi. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah masuknya kontruksi pipa casing.

Tahap kontruksi pipa casing dan saringan sumur dalam

Pada tahap ini, peletakan pipa casing dan saringan harus sesuai dengan gambar kontruksi yang telah direncanakan. Peletakan kontruksi saringan harus didasarkan pada hasil electrical loging dan analisa formasi lapisan tanah. Selain itu letak juga didasarkan pada kondisi hidrogeologi daerah pengeboran. Dari pemahaman aspek-aspek hidrologi diharapkan perencanaan sumur dalam yang dihasilkan mampu menghasilkan air yang maksimal dan kapasitas yang optimal dengan memperhatikan kelestarian lingkungan di sekitar daerah pengeboran.

Tahap penyetoran kerikil pembalut (grave pack) sumur dalam

Maksud dan tujuan penyetoran kerikil pembalut yaitu untuk menyaring masuknya air dari formasi lapisan akuifer ke dalam saringan. Di samping itu, mencegah masuknya partikel kecil seperti lapisan akuifer ke dalam lubang saringan. Adapun cara penyetoran kerikil pembalut yaitu dibarengi dengan sirkulasi air. Hal ini bertujuan agar kerikil pembalut dapat tersusun dengan sempurna pada rongga antara kontruksi pipa casing dengan dinding lubang bor.

Tahap pencucian dan pembersihan (well development) sumur dalam

Tahap pencucian dan pembersihan sumur dalam dilakukan dengan maksud untuk membersihkan dinding zona invasi akuifer serta kerikil pembalut dari partikel halus. Dengan begitu, seluruh bukaan pori atau celah akuifer dapat terbuka penuh sehingga air tanah dapat mengalir ke dalam lubang saringan dengan sempurna. Pekerjaan ini dilkukan dengan water jetting dan airlift.

Tahap pengecoran (grouting) sumur dalam

Maksud adan tujuan tahap ini memberikan penguat konstruksi pipa casing dan penutup masuknya air permukaan ke dalam pipa casing melalui saringan
.
Tahap uji pemompaan (pumping test) sumur dalam

Maksud dan tujuan uji pemompaan ini adalah untuk mengetahui kondisi akuifer dan kapasitas jenis sumur dalam. Dengan demikian, jenis serta kapasitas pompa yang dipilih bisa disesuaikan dengan sumur dalam tersebut.

Tahap finishing sumur dalam

Tahap ini meliputi pemasangan pompa permanen, panel listrik dan instalasi kabel, pembuatan bak kontrol, pembuatan intalasi perpipaan, pembersihan, serta perapihan lokasi.

Nah, demikian Rahasia Pembuatan Sumur Dalam. Bagi Anda yang menginginkan sumber air bersih dan berlimpah, sumur dalam solusinya. Untuk mendapatkan sumur dalam yang berkualitas, hubungi segera bor-indonesia, ahlinya sumur Indonesia. (Jng/RA)

0 Komentar untuk "Sumur Dalam"

Terima kasih telah berkomentar, kami segera reply pesan anda !

Artikel Terpopuler

Back To Top